Breaking News

Jumat, 24 Juni 2016

Al-Qur'an Terbesar Di Dunia : Dulu Rusia Sekarang Afghanistan

Al-Qur'an Terbesar


Red-bandel_Quran terbesar didunia
Qur'an Terbesar didunia_Rusia
Hallo sahabat Red - Bandel!!!
Selain karena keotentikannya, muslim dunia dibuat kagum dengan munculnya berbagai mahakarya dari Al-qur'an, yang dibuat dengan menyuguhkan keunikan dan keindahan. Berawal dari kecintaanya terhadap Al-qur'an, seiring berjalannya waktu rasa cinta itu  kian bertambah sehingga munculah rasa ingin memuliakannya. Dari sinilah berbagai ide hebat itu berasal.
Dalam buku Guinness world of Records, tercatat Al-qur'an terbesar berasal dari republik Tatarstan, federasi Rusia dengan panjang 2 meter dan lebar 1,5 meter (dalam keadaan terbuka, lebar mencapai 3 meter). Alqur'an yang terdiri dari 632 halaman ini memiliki berat 800 Kg termasuk jilid, dicetak di Italia menggunakan kertas khusus dari Skotlandia. Keindahan Alquran ini terpancar karena jilidnya yang terbuat dari batu malachite serta dihiasi oleh batu-batu permata seperti  jasper atau batu merah, turquoise atau pirus, koral, gold leaf, topaz dan perak.
Namun, seorang ahli kaligrafi dari Afghanistan Mohammad Sabir  Yaqoti Hussaini Khedri telah berhasil membuat Alquran dengan ukuran panjang 2.88 meter, dan lebar 1.55 meter. Dapat dilihat, ukuran ini lebih besar dan mengalahkan ukuran Alqura'an terbesar yang berasal dari Rusia.
Red-bandel_Quran terbesar didunia
Qur'an Terbesar_Afghanistan
 Dipublikasikan pada 2012 lalu dalam pameran seni di hadapan para tokoh agama, ulama, cendekiawan dan pejabat pemerintah di Kabul. Pembuatan Alquran ini menghabiskan waktu selama 5 tahun dibantu oleh murid-muridnya. Tetapi sebenarnya, pembuatan Alquran ini telah selesai pada 2009, namun hal ini berhasil dirahasiakan oleh Sabir Khedri karena beliau berniat akan mempublikasikan mahakarya ini setelah proses penjilidan dan pembuatan ruang penyimpanan selesai.

Alquran dengan berat 500 Kg, terdiri atas 218 halaman yang terbuat dari kain dan kertas serta dijilid dengan kulit luar dari 21 ekor kambing ini didekor oleh Mohammad Sabir Yaqoti Hussaini Khedri beserta 9 muridnya dengan 30 gaya kaligrafi yang berbeda.
Orang lain membaca ini : Kiamat : Tanda-tanda Yang sudah Tampak Secara Gamblang
See ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By